Cara Agar Bunga Ashoka Mekar Dengan Cepat Dan Selalu Subur

Culturafeten – Bunga Ashoka atau bisa juga disebut Bunga Soka merupakan tanaman hias favorit banyak pecinta tanaman. Hal ini dikarenakan bunga asoka berbeda dengan bunga lainnya seperti melati atau mawar. Bunga tanaman asoka ini memiliki warna yang mencolok dan berkelompok membentuk lingkaran. Sebenarnya kata asoka berasal dari bahasa Sansekerta yaitu shoka yang artinya sedih dan a yang artinya tidak sedih. Oleh karena itu, bunga Ashoka memiliki arti sebagai bunga yang membebaskan atau penawar kesedihan.

Tanaman berbunga asoka dapat berbunga saat mendekati musim hujan dan dapat bertahan hingga 3-4 bulan. Sehingga anda bisa menikmati bunga tanaman asoka ini dalam waktu yang lama. Menanam dan merawat bunga ini juga cukup mudah. Cukup memberi pupuk selama 3 bulan. Perlu Anda ketahui bahwa bunga tanaman asoka muncul dan tumbuh bercabang-cabang besar dengan bunga yang tumbuh berjajar dengan benang sari yang tumbuh seperti kembang api. Di Indonesia, ada dua jenis bunga Asoka, yaitu Polyalthia longifolia dan Polyalthia sp. Polyalthia longifalia memiliki kekhasan tumbuh tinggi tanpa cabang atau bisa juga disebut glodokan hinggap. Sedangkan Polyalthia sp. Ini memiliki ranting berdaun dan daunnya runcing. Simak penjelasan Papan Bunga Makassar berikut ini.

Ciri-ciri Bunga Ashoka Bunga

Secara fisik, ciri-ciri bunga asoka dapat Anda temukan sebagai berikut:

– Memiliki batang kayu yang tegak.
– Sistem percabangan bunga Asoka simpodial, berwarna putih krem.
– Daunnya sederhana dengan urat menyirip dan berbentuk oval dan meruncing di pangkal.
– Bunga asoka biasanya berwarna merah cerah, pink dan orange.
– Bunganya berkelompok atau tersusun dari androgini dan kelopaknya berbentuk corong.
– Alat kelamin jenis bunga jantan (benang sari) berjumlah empat dengan kepala sari menempel pada mahkota.
Selain itu, bunga asoka juga memiliki akar tunggal yang berwarna coklat.

Di negara-negara Eropa, banyak orang menyebutnya Flame of Wood yang artinya kebakaran hutan. Hal ini dikarenakan bunga tanaman Asoka berwarna merah cerah seperti api. Selain digunakan sebagai tanaman hias, bunga asoka juga memiliki manfaat kesehatan tubuh yang baik seperti melancarkan peredaran darah, menyembuhkan disentri, menghentikan diare dan mencret, mengatasi wasir, mencegah wasir, anemia, mencegah radang, mengatasi kram betis. dan pengobatan wasir, tekanan darah tinggi.

Penyebab Bunga Asoka Sulit Mekar

Tentunya banyak orang yang ingin menanam tanaman asoka ini agar cepat berbunga. Berikut ini adalah penjelasan tentang 9 cara bunga asoka bisa mekar dengan cepat dan tetap subur. Namun, tanaman Asoka terkadang sulit berbunga atau bahkan tidak banyak berbunga. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut:

– Sinar Matahari : Tanaman asoka termasuk dalam jenis tanaman yang menyukai sinar matahari langsung. Sehingga jika tanaman ini kekurangan sinar matahari maka akan menghambat pertumbuhan bunga.
– Penggunaan pupuk – Pemupukan bunga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Namun jika pembawa pupuk tidak seimbang juga dapat menghambat pertumbuhan bunga. Selain itu, pemberian pupuk N terlalu banyak hanya akan merangsang pertumbuhan daun.
– Media tanam atau tanah: pH tanah juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bunga. Tanah yang terlalu asam dapat menyebabkan klorosis daun tanaman Asoka (menguningnya daun).

– Jenis-Jenis Tanaman Asoka : Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui jenis tanaman Asoka yang Anda tanam. Karena ada beberapa jenis tanaman asoka yang tidak berbunga dan hanya memiliki daun.

Cara membuat bunga asoka mekar dengan cepat dan tetap subur

Nah, setelah mengetahui alasan atau penyebab mengapa tanaman asoka tidak bisa berbunga, Anda bisa melakukan 9 cara agar bunga asoka cepat mekar dan selalu subur sebagai berikut:

– Tanaman berbunga asoka merupakan tanaman berbunga yang menyukai sinar matahari, sehingga menanamnya di tempat terbuka sangat cocok untuk jenis bunga ini. Untuk menerima sinar matahari langsung.
– Anda juga dapat memilih benih berkualitas untuk menghasilkan turunan berkualitas tinggi. Anda dapat memilih tanaman yang memiliki batang yang sangat tua dan tua. Saat ini, breeder terbaik berasal dari Bangkok, Thailand.
– Gunakan media tanam yang baik yaitu pasir, tanah dan pupuk dalam proporsi yang tepat. Tidak kurang dan tidak lebih untuk mencapai pH tanah yang benar-benar cocok untuk tanaman Ashoka yang berbunga ini.
– Selalu menjaga kondisi substrat tanam agar selalu lembab dengan melakukan penyiraman secara teratur sampai kelembaban tanah dapat mencapai kapasitas di lapangan.
– Namun hati-hati jangan sampai ada genangan air di media tanam.
– Pangkas daun dan ranting jika terlalu tebal. Hal ini juga dimaksudkan untuk membantu pembentukan kuncup baru dengan kuncup bunga baru. Pemangkasan juga harus dilakukan saat memindahkan atau mengganti media tanam.
– Jika menanam bunga asoka di dalam pot, substrat tanam harus diganti secara berkala, yaitu setahun sekali.
– Namun, jika Anda menanam langsung ke media tanam tanah, pastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Pemupukan pupuk kandang bisa dilakukan sebulan sekali agar tanah tetap gembur. Kotoran yang dapat digunakan dan terbaik berasal dari kotoran sapi atau kuda.
– Jika masa berbunga telah tiba, tambahkan pupuk yang dapat merangsang pertumbuhan kuncup bunga. Pupuk yang mengandung unsur P dan K dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan bunga.

Sumber: Florist Makassar