Cara Membuat Website Bisnis Yang Benar

Culturafeten –┬áSitus web bisnis adalah platform lain yang dapat digunakan pemilik bisnis untuk memaksimalkan pemasaran perusahaan mereka dan menarik pelanggan baru.

Tidak hanya media sosial, tetapi juga memiliki situs web perusahaan dapat membuat pelanggan lebih mempercayai kredibilitas toko. Apalagi untuk situs yang bisa ditemukan di mesin pencari populer seperti Google.

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki situs resmi? Jika belum, tunggu apalagi, yuk pelajari cara membuat website bisnis sederhana. Sementara bagi Anda yang bisnisnya sudah memiliki website, namun setelah dinilai performanya masih kurang efektif, mungkin ada beberapa poin di bawah ini yang bisa Anda ikuti.

Pilih nama domain untuk situs web Anda

Seperti halnya nama toko merupakan elemen penting dalam membangun merek, begitu pula nama situs webnya. Nama domain adalah nama yang mudah diingat, seperti google.com atau youtube.com.

Selain itu, saat menentukan nama domain, sebaiknya pilih nama yang tidak terlalu panjang atau sulit dibaca. Jika terlalu banyak huruf yang digunakan dalam nama domain, pengguna mungkin salah eja atau tidak dapat mengakses situs web.

Ketika Anda memikirkan nama domain yang unik dan menarik untuk sebuah website bisnis, jangan lupa bahwa sudah ada banyak website di dunia. Sudah ada lebih dari 1 miliar situs web dengan nama yang sesuai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek ulang apakah nama domain yang dipilih sudah digunakan di tempat lain atau belum.

Anda dapat memeriksa ketersediaan nama domain menggunakan berbagai alat atau situs di Internet. Cukup masukkan kata kunci seperti “Domain Check”, “Domain Check”, dan seterusnya.

Apakah Anda mulai bertanya-tanya bagaimana cara mendaftarkan nama domain itu? Jawabannya berbeda, Anda dapat mendaftarkannya dengan pendaftar domain yang berbeda secara gratis atau dengan biaya tambahan. Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan domain gratis saat Anda menjadi klien web host.

Namun, akan lebih baik jika Anda mengamati persyaratan dengan cermat saat membeli atau bertransaksi untuk nama domain tersebut. Karena nama domain itu penting dan sebaiknya hindari masalah transaksi yang nantinya bisa membahayakan nama tersebut.

Tentukan perusahaan hosting yang tepat

Webhost yang disebutkan pada paragraf sebelumnya dapat diartikan sebagai tempat di mana semua konten (file) website disimpan dan dapat dilihat serta digunakan di Internet.

Konten dapat berupa tulisan, visual, atau keduanya. Setiap hosting juga menawarkan beberapa layanan hebat bagi penggunanya. Beberapa contohnya adalah Bluehost yang memiliki kisaran harga Rp 45.000 hingga 210.000 per bulan, sedangkan Hostinger dari Indonesia memiliki kisaran harga Rp 10.000 hingga 100.000 per bulan.

Unduh WordPress

Apa itu WordPress? WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang terkenal di dunia. Sedangkan CMS adalah sistem yang dapat mengelola konten suatu website.

Setelah Anda memilih hosting yang tepat untuk situs web bisnis Anda, jangan lupa untuk mengunduh wordpress untuk mulai mengelola konten di dalamnya. Menggunakan jenis CMS ini, bahkan pengguna pemula dapat dengan mudah mulai menulis untuk situs web karena mereka tidak harus berurusan dengan bahasa pemrograman.

Pilih desain yang menarik

Untuk itu, Anda bisa memilih template desain website gratis atau berbayar. Tentu saja, kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Templat desain berbayar membutuhkan lebih banyak sumber daya, sementara templat gratis terkadang dapat membatasi pengguna untuk memasarkan atau memodifikasi desain. Dalam dilema seperti itu, Anda dapat menyesuaikan pilihan Anda dengan kondisi dan sasaran bisnis. Bahkan jika Anda menggunakan template gratis sekarang, itu tidak berarti Anda tidak dapat mengembangkan atau memperbaruinya di masa mendatang, bukan?

Perhatikan juga pilihan warna pada desain yang akan dipilih. Tahukah Anda bahwa warna dapat memengaruhi emosi dan pikiran orang? Dan setiap warna juga memiliki arti tersendiri. Itu berarti energi: ketekunan (merah), agresi (oranye), tetapi juga kepercayaan dan kepercayaan (biru).

Ingatlah bahwa situs web bisnis yang menarik akan membuat pengguna merasa nyaman menggunakannya dengan banyak akses.

Tentukan jadwal konten situs Anda

Konten tidak kalah pentingnya dengan desain website. Anda dapat menarik pelanggan baru dengan menyajikan informasi yang mereka cari. Dengan cara ini, ketika pengguna mesin pencari seperti Google memasukkan beberapa kata kunci, situs web Anda dapat dilihat.

Oleh karena itu, sebelum memulai sebuah website, Anda perlu merencanakan konten bisnis Anda terlebih dahulu. Jenis konten apa yang disukai pasar sasaran Anda dan bagaimana Anda ingin memproduksinya? Kapan waktu terbaik untuk mempublikasikannya? Dan apakah konten tersebut mencerminkan visi dan misi perusahaan Anda, serta tujuan awal?

Pikirkan baik-baik sebelum akhirnya membuat banyak konten untuk audiens Anda. Hasilnya, pengguna yang menemukan situs web perusahaan akan memiliki kepercayaan diri dan kenyamanan dalam menerima informasi dan produk di sana.

Selain semua hal diatas, kamu juga harus memperhatikan SEO dari website tersebut, kamu bisa bekerjasama dengan layanan Jasa Backlink seperti Sponduu.