Cara Mudah Mentransfer Data Whatsapp dari iPhone ke Android

Culturafeten –┬áKetika Anda berencana untuk mengubah ponsel Anda dari iPhone ke Android, Anda jelas ingin mentransfer semua data WhatsApp dari iPhone ke Android, bukan? Namun sayangnya, karena kedua ponsel memiliki sistem operasi yang berbeda, keduanya tidak dapat dipindahkan seperti biasanya dengan mentransfer data yang berbeda.

Ada beberapa cara mudah untuk mentransfernya, Anda bisa menggunakan aplikasi atau email yang dibangun ke dalam fungsi WhatsApp itu sendiri. Penasaran kan, mau tahu caranya? Di sini kami memberikan tutorial tentang cara melakukan transfer WhatsApp dengan cepat dan mudah, dari iOS ke Android atau sebaliknya.

Cara mentransfer data WhatsApp dari iPhone ke Android

Jika Anda pengguna iPhone dan ingin mentransfer data dari WhatsApp ke Android dengan lancar, coba dua metode berikut. Semua data di WhatsApp pasti bisa ditransfer dengan cepat dan mudah.

1. Aplikasi dr.fone – Transfer WhatsApp

Metode pertama menggunakan bantuan pihak ketiga, mis. Aplikasi. Aplikasi ini tidak sulit digunakan karena cukup dengan sekali klik dan semua data di WhatsApp akan ditransfer dengan mudah dan cepat oleh Dr. Fone.

Dr.fone sendiri merupakan aplikasi yang memiliki banyak keunggulan. Aplikasi ini dapat mentransfer semua data di WhatsApp seperti multimedia, chat dan kontak; tidak masalah. Tidak hanya dari iOS ke Android, Anda juga bisa mentransfer data WhatsApp dari Android ke iOS dengan satu klik.

Kemudian dr.fone juga memiliki fungsi backup dan restore panggilan Whatsapp. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan chat WA lama yang bisa dihapus

Menariknya, dr.fone dapat digunakan untuk membackup aplikasi sosial lainnya seperti LINE, Kik, Viber, dan WeChat. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan konten obrolan, suara, video, dan stiker. Tenang, semua yang Anda lakukan di aplikasi ini sangat aman. Anda tidak perlu khawatir data Anda akan diungkapkan kepada pihak lain. Lengkap banget kan?

2. Andalkan email

Cara lain adalah dengan menggunakan email. Cara ini juga mudah, tapi sayangnya Anda tidak bisa membuka data di WhatsApp karena sudah diekspor dalam format “txt”. Jadi, cara ini hanya untuk menyimpan konten percakapan WhatsApp. Setelah metode tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

Pertama, buka WhatsApp, lalu buka Pengaturan> Pengaturan Obrolan> Obrolan Email.

Pada langkah selanjutnya, pilih percakapan WhatsApp yang ingin Anda transfer. Jendela baru akan muncul dengan pesan “Termasuk media akan menghasilkan lebih banyak email”. Jika Anda ingin menyimpan foto dan video, pilih Lampirkan media dan sebaliknya, pilih Tanpa media untuk tidak menyimpan video dan foto.

Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan alamat email dengan kata sandi email. Lalu klik Kirim Segera.

Selesai, Anda sekarang sudah mengirimkan semua data WhatsApp Anda ke email. Buka email untuk melihat datanya, tapi datanya tidak bisa dibuka di WhatsApp ya?

Cara mentransfer data dari Android ke Android

Jika Anda pengguna Android dan ingin mentransfer data WA ke ponsel Android lain, Anda dapat menggunakan fitur backup WhatsApp. Caranya sangat sederhana, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama buka aplikasi WA. Kemudian klik Pengaturan> Obrolan> Cadangan Obrolan. Jadi jangan lupa untuk mengaktifkan opsi Backup in Google Drive. Kemudian klik CADANGAN.

Jadi jangan lupa untuk uninstall aplikasi WA di ponsel lama kamu. Kemudian install aplikasi WA di hp baru dan masukan nomor WA lama. Kemudian anda bisa segera mengembalikan semua data WA di hp lama, silahkan tunggu beberapa saat tergantung koneksi internet.

Jika Anda memutuskan untuk mentransfer data WhatsApp Anda ke perangkat lain, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu agar tidak ada data yang tertinggal, berikut beberapa tipsnya:

1. Perhatikan ukuran datanya

Pertama, Anda perlu memperhatikan ukuran data yang ingin Anda transfer, apakah Anda perlu menyimpannya di perangkat baru atau tidak. Jika Anda memiliki banyak ruang di perangkat lain, itu tidak akan menjadi masalah.

Namun, jika ternyata kapasitas perangkat Anda terbatas, sebaiknya Anda hanya memilih beberapa data yang ingin Anda transfer. Biasanya, data seperti film dan gambar lebih besar dari data berbasis teks.

2. Pilih Data Penting

Tips ini juga berlaku untuk Anda dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Agar memori tidak cepat terisi, sebaiknya pilih hanya data-data penting saja, seperti data pekerjaan, pelajaran atau lainnya. Pemilihan data membuat WhatsApp lebih terorganisir dan teratur.

3. Pastikan Anda telah menyelesaikan verifikasi

Tujuan verifikasi adalah untuk melindungi semua data di WhatsApp. Jadi, tidak sembarang orang bisa mengakses data WhatsApp dan WhatsApp. Tentunya akan lebih aman, apalagi jika Anda memiliki data yang sangat penting dan rahasia.

Ini adalah cara mudah untuk mentransfer data WA dari iPhone ke Android. Anda dapat memilih di antara dua metode. Namun jika ada cara lain yang lebih mudah, beri tahu berita gadget terlengkap dan pembaca lainnya melalui kolom komentar.