Kelebihan dan Kekurangan Samsung A02s

Culturafeten – Di awal tahun 2021, Indonesia menyambut baik kehadiran Samsung A02. Bahkan, Samsung memperkenalkan seri A02s bersamaan dengan Samsung Galaxy A12 pada November 2020. Tentunya hal ini membuat para pengguna smartphone penasaran dengan tampilan dan fitur Samsung A02s.

Dipasangkan dengan banderol harga di bawah Rp 2 jutaan, seri ini dikemas dengan spesifikasi khas entry-level. Meski masuk di entry level, tipe Samsung yang satu ini tak kalah cantik dari smartphone lain yang lebih baru.

Smartphone ini kompatibel dengan berbagai kamera yang memungkinkan pengguna untuk membuat foto kreatif. Tak hanya itu, baterai berkapasitas besar juga disematkan pada Samsung A02 yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat.

Ada beberapa keistimewaan atau perks yang ditawarkan oleh Samsung A02s. Apa keuntungan ini? Ini dia presentasinya untuk kamu, baca sampai habis!

1. Tampilan tanpa bezel

Samsung A02s menggunakan layar PLS TFT LCD berukuran 6,1 inci yang mengusung layar Infinity-V atau desain teardrop. Meski tidak mengaplikasikan layar dengan panel AMOLED seperti yang sering terjadi pada banyak produk Samsung lainnya, model ini memang memiliki tampilan yang jernih, tajam, dan detail.

Smartphone ini memiliki resolusi 720 x 1600 piksel, rasio layar-ke-tubuh 81,8%, tingkat kepadatan 270 ppi. Samsung A02s terlihat seperti produk premium, hal ini dikarenakan modelnya yang bezel-less dan bentuk yang ramping dari perangkat ini.

Bagi Anda yang suka menonton video atau game, ponsel ini cocok karena memiliki layar yang besar dan lebar. Bagaimana Anda tertarik untuk memiliki Samsung A02s ini?

2. Masa pakai baterai yang lama

Berbicara tentang daya baterai, Samsung A02 layak mendapat dorongan. Smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi dari pendahulunya, Samsung A01. Dengan menanamkan baterai jenis lithium polymer yang tidak dapat dilepas dengan kapasitas 5000 mAh, Samsung A02s dapat digunakan seharian penuh atau dalam waktu lama.

Tak hanya itu, Samsung juga terus terus menerus menggunakan teknologi fast charging atau pengisian cepat 15W di ponsel model terbaru ini. Jadi jangan heran, dengan teknologi yang Anda miliki untuk mengisi daya Samsung A02s, tidak memakan banyak waktu, jika tidak berjam-jam, dibandingkan dengan A01.

3. Desain nyaman dan modern

Menurut review dari saluran Taufik Nobo, tampilan desain Samsung ini berada di kelasnya dibandingkan seri sebelumnya, memiliki bobot yang kokoh dan terasa nyaman di tangan. Ketebalan ponsel itu sendiri tidak terlalu terasa karena ada detail lekukan yang dekat di bagian belakang.

Samsung tipe ini tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, putih dan biru. Luar biasa, slot kartu SIM juga memiliki warna yang sama tergantung pada warna bodi ponsel. Sudut-sudutnya tumpul seperti model Samsung sebelumnya, sehingga nyaman digenggam.

Meski desain pada bagian belakang Samsung A02s berbahan plastik dan bertekstur, namun memiliki sentuhan estetis dan elegan. Adapun micro-engraving halus yang mewakili huruf X, yang sering ditemukan pada model Samsung dengan seri yang cukup tinggi.

Kekurangan Samsung A02

Selanjutnya kita akan membahas kekurangan yang terdapat pada Samsung A02. Apakah Anda ingin tahu tentang sesuatu? Yuk, kita bahas selanjutnya!

1. Resolusi kamera depan hanya 5 MP

Menurut review dari saluran GontaGantiHape, hasil dari kamera depan Samsung A02 cukup natural, namun ketajamannya tidak terlalu tinggi karena hanya 5MP. Namun kamera depan ponsel ini memiliki fitur blank selfie yang jika dicoba hasilnya tidak terlalu berlebihan. Kecepatan rana tidak terlalu cepat, sehingga membutuhkan keseimbangan saat memegang ponsel.

2. Tidak dilengkapi dengan port USB Type-C

Tentunya semua smartphone memiliki konektor USB sebagai koneksi data atau charger baterai. Saat ini banyak vendor smartphone yang beralih dari USB Type-B ke USB Type-C atau sedang melakukan upgrade. Tipe baru ini memiliki kelebihan, antara lain kecepatan pengiriman data dan pengisian baterai.

Sayangnya, untuk model rilis terbarunya, Samsung A02 tidak tercermin pada produk smartphone besutan vendor lain yang sudah mulai menyertakan port USB Type-C. Selain itu, jika Samsung A02s sudah memiliki teknologi fast charging, maka baterai bisa terisi lebih cepat jika ada USB Type-C.

3. Tidak Dilapisi Proteksi Pelindung Kaca

Bagi Anda yang sering lengah, mungkin sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat menyimpan atau memegang Samsung A02s. Memang ponsel ini tidak dilapisi pelindung kaca. Oleh karena itu, sangat rentan jika terjatuh yang berujung pada retak atau tergores.

Mungkin salah satu caranya adalah dengan merogoh kocek lebih dalam untuk membeli pelindung layar/kaca. Namun, jika Anda nyaman atau terbiasa dengan kondisi tanpa pelindung kaca, tidak apa-apa!

Sumber : Berita Teknologi Terbaru