Penjelasan Kain Kanvas

Culturafeten –┬áKain kanvas merupakan salah satu jenis bahan yang memiliki serat tebal dan sangat kuat. Awalnya kanvas lebih banyak digunakan untuk melukis. Namun seiring berjalannya waktu, bahan ini semakin banyak digunakan sebagai bahan dasar koper, sepatu, jaket bahkan berbagai macam aksesoris. Tak heran, karena ketebalan kainnya sangat ideal untuk disesuaikan. Awalnya kainnya terbuat dari jerami, jadi pasti sangat kuat. Bahan dasar kain kini sudah berganti menjadi katun atau linen, namun semua produsen kain pasti memperhatikan kualitas dan keawetan kainnya, jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan kain di berbagai kesempatan.

JENIS KAIN KANVAS

Kain kain memiliki kesamaan sifat yaitu serat yang tebal dan kuat, motif benang yang terlihat jelas, dan dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian atau aksesoris. Ternyata ada berbagai jenis kanvas yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Apa sajakah dari mereka? Lihat di bawah.

1. KANVAS BLACU

Kain jenis ini biasanya memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan paling mudah di toko kain. Bahan ini sering digunakan untuk tas sederhana seperti koper dan tas kerja serta tas souvenir. Pada umumnya bahan kain calico digunakan untuk barang dengan desain yang tidak terlalu ribet. Salah satu kekurangan dari bahan ini adalah kurang kuatnya, sehingga tidak disarankan untuk membawa benda yang terlalu berat

2. KANVAS RIPSTOP

Kain ripstop adalah kain yang lebih bagus dari pada kain calico. Selain itu, kain jenis ini cenderung ringan karena tidak tebal. Kain ripstop memiliki ciri serat kotak-kotak sehingga mudah dibedakan dari jenis bahan lainnya. Bahan ini bisa digunakan untuk pakaian dan aksesoris dengan harga jual yang cukup tinggi.

3. CANVAS MARSOTO

Jika Anda ingin membuat tas, pakaian dan aksesoris dengan kain yang halus maka Anda perlu menggunakan kain Marsoto. Meski sedikit lebih mahal, kualitas kain marsoto lebih terjamin dan bahannya tidak mudah sobek. Ciri khas dari kain marsoto adalah terdapat bintik-bintik pada permukaannya yang terlihat seperti kain cordura.

4. Layar KANVAS

Ini adalah kain yang paling tebal dan paling tahan lama dari semua kain. Yang pasti, kualitasnya bagus dan tahan air. Meski terkena benda tajam, kain ini akan tetap kuat. Namun kebanyakan orang tidak menggunakan bahan jenis ini untuk tas dan pakaian karena terlalu tebal.

5. BABAKANAAS

Bahannya paling lembut dan kenyal, sehingga nyaman digunakan untuk membuat apapun. Jika kain kain bayi digunakan untuk tas atau baju, hasilnya terlihat lebih mewah. Meski lembut dan fleksibel, bahan ini cukup kuat dan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang diproduksi.

6. KANVAS PE

Kain PE adalah kain kain yang bahan dasarnya polyester dicampur dengan kapas. Meski kuat, bahan tersebut biasanya terasa hangat saat digunakan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena bahan-bahan tersebut lebih banyak digunakan untuk membuat tas, bukan pakaian. Jika Anda memproduksi tas dalam jumlah banyak maka penggunaan kain PE akan menghemat biaya karena biasanya lebih murah dibandingkan beberapa jenis bahan lainnya.

7. DEKLARASI KANVAS

Kain suede ini merupakan jenis kain yang paling khas dari semua jenis kain karena memiliki lapisan tipis yang agak berbulu. Ini membuatnya mudah untuk menempelkan kabel atau bahan ringan lainnya ke kain. Jika disentuh, kain ini akan terasa lebih lembut dibandingkan jenis lainnya. Dengan ketebalan yang sama, kain penyerap akan terasa lebih tipis dari yang lain. Produk pakaian kain suede akan terlihat lebih trendy dan elegan dibandingkan menggunakan bahan lain, oleh karena itu cocok untuk pria dan wanita segala usia. Jika dirawat dengan baik dan benar, pakaian yang terbuat dari kain yang akan terbuka akan tahan lama.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGUNAAN KAIN KANVAS

Kain kanvas sangat tahan terhadap segala kondisi. Saat ini, kain biasanya terbuat dari katun atau linen. Faktanya, kain hampir cocok dengan denim dalam hal kekuatan. Oleh karena itu kanvas juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan benda-benda seperti tenda, layar dan lain-lain. Kain kain juga semakin banyak digunakan untuk item fashion seperti koper dan ransel. Menggunakan tas dari bahan ini membuat Anda terlihat keren. Untuk membuat item fashion dari kanvas sebaiknya selalu memilih yang berbahan kanvas kualitas tinggi karena semakin lama digunakan maka tampilannya akan semakin vintage. Namun, jika kualitas kanvas buruk, warna akan pudar dan tidak terlihat bagus. Banyak juga konveksi seragam kerja yang menggunakan bahan ini.

PENGGUNAAN KAIN KANVAS

Kanvas adalah bahan yang sangat baik untuk artikel luar dalam, sehingga Anda bisa berkreasi dengannya. Temukan ide berbeda untuk membuat kain kanvas di bawah ini.

1. GUNAKAN TIRAI

Jadikan kamar Anda lebih indah dengan menukar tirai kusam lama Anda dengan lukisan kanvas yang indah. Karena mudah mengecat, Anda bisa membuat gorden kanvas sesuka Anda. Untuk pengecatan mudah Anda bisa menggunakan roller khusus untuk cat dan cat akrilik. Anda juga bisa menggunakan cat matte karena akan lebih menempel pada kain. Pertama-tama tutupi bagian yang tidak ingin Anda cat dengan selotip lalu cat dengan warna yang dipilih. Jika Anda menginginkan tirai sesuai keinginan, Anda harus memotong kanvas sesuai ukuran jendela dan menjahitnya di semua sisi. Tambahkan renda atau hiasan lainnya jika Anda ingin tampil lebih menarik. Anda bisa menjahit dekorasi ini, tetapi Anda juga bisa menggunakan dekorasi yang sudah jadi. Setelah selesai mendesain tirai, pasang braket secukupnya, lalu tirai Anda siap

2. SEBAGAI FURNITUR PENUTUP

Ingin melapisi sofa atau kursi tua agar terlihat lebih bagus? Anda juga bisa menggunakan kain untuk memakainya. Bahan waslap sangat mudah untuk dicuci, jadi tidak perlu pusing memikirkan perawatannya. Jika Anda lebih menyukai tampilan yang lebih formal dan ingin menggunakan mesin jahit dengan baik, Anda bisa membuat sarung untuk setiap furnitur Anda. Untuk menambahkan detail pada sampul furnitur kanvas Anda, Anda dapat memilih antara membeli jahit dekoratif atau kertas transfer dan menggunakan printer untuk mencetak desain Anda. Karena bahannya tersedia dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membuat sarung atau gorden cantik tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu banyak